728x90 AdSpace

Latest News

Tuesday, February 13, 2018

Kumpulan Soal Perbandingan Senilai Sederhana SMP Kelas VII



Hallo semua, sudah lama saya ndak upload soal matematika ini. kali ini soal yang akan saya share adalah soal materi perbandingan senilai. Materi ini di pelajari di SMP kelas VII. Perbandingan merupakan materi lanjutan atau pengembangan dari materi bilangan pecahan. Kali ini saya share 15 soal, untuk soal lengkapnya bisa di download dalam bentuk word dokumen atau PDF dokumen.
  1. Perbandingan gaji pak eko dan istrinya adalah 5 : 4. Jika gaji pak Eko adalah Rp. 3.500.000,- maka berapakah besar gaji isteri pak Eko?
  2. Jika tiga liter bensin harganya adalah Rp. 22.500,- tentukan uang yang harus dibayar jika saya membeli bensin sebanyak 500 ml, 12 dm3, dan 27 liter.
  3. Dalam sebuah kelas perbandingan siswa yang gemar matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa inggris adalah 5 : 7 : 8. Jika jumlah siswa dalam kelas tersebut adalah 40 siswa. Maka tentukan jumlah siswa yang gemar masing-masing mata pelajaran terssebut!
  4. Sebuah taman berbentuk persegi panjang mempunyai keliling 30 meter. Perbandingan panjang dan lebar taman tersebut adalah 3 : 2. Tentukan ukuran panjang dan lebar taman tersebut.
  5. Sebuah sepedah harganya Rp. 2.500.000,-. Dinaikkan harganya dengan perbandingan 8 : 5. Berapakah harga sepedah itu sekarang?
  6. Dimas dan Amanda masing-masing berumur 14 tahun dan 8 tahun. Dalam berapa tahun lagi perbandingan umur mereka menjadi 6 : 5.
  7. Jika (x + y) : (x – y) = 7 : 2, maka tentukan nilai x : y.
  8. Pada sebuah rak, terdapat buku matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA dengan perbandingan 4 : 2 : 3. Tentukan banyaknya buku matematika dan IPA jika dikeahui banyaknya buku Bahasa Indonesia adalah 6 buah.
untuk soal lengkapnya bisa di downlod pada link berikut:


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kumpulan Soal Perbandingan Senilai Sederhana SMP Kelas VII Description: Rating: 5 Reviewed By: abdulmalikgroup@gmail.com
Scroll to Top